Blogger Template by Blogcrowds

pemain legenda sepak bola dunia

Guys..meski sebagian tulisan bernuansa Milan, bukan berarti gw terlalu Milan minded. Blog ini gw tulis tentang apa aja, termasuk soal sepakbola. Termasuk profil Maradona yang identik dengan Napoli. Well ,gw sendiri, menganggap Maradona pahlawan gw masih kecil. Pada waktu demam Piala Dunia Mexico 86( dulu gw bacanye mekico heheh maklum masih SD ), semua yang berbau Maradona abis gw lalap. Dari gambaran terbitan "Gunung Kelud", sampe kaos,. Malah ketika kecil, kalo gw maen kerumah temen bareng-bareng segeng, yang kebetulan ada bola dunia atau globe. Pasti peta negara pertama yang dicari adalah Argentina..Berhubung waktu itu Liga Italia gw gak nikmatin gw jadi gak menjadi fans Napoli, cuma cukup kenal. Itupun dari senior gw , yang sering nyoret di tembok dengan tulisan Napoli. Disitulah gw tau ada Maradona di Napoli...Barulah ketika gw mengenal Marco van Basten gw tau AC Milan, meski cuma kenal gak jadi fans. Coz dulu gw lebih tertarik dengan klub lokal di kompotisi Galatama macam Warna Agung, Pelita Jaya, Niac Mitra, Assyabab Salim Group dll, sedang pemain lokal waktu itu Rury Nere, Ansyari Rangkut, Fandi Ahmad dll.....

Barulah di tahun 1992 gw "membaptiskan" diri menjadi seorang Milanisti sampe sekarang dan selamanya.........

Berikut tulisan tentang Maradona....

Menurut legenda nama asli Napoli adalah parthenopaea. Nama itu diberikan oleh seorang dewi fortuna perayu bernama Parthenope sebagai ucapan triema kasih. Konon, karena pembangunan kota Napoli inilah kuburan Parthenope yang lama ditelan bumi akhirnya muncul lagi. Nama Parthenope memang sangat berbau Yunani. Tak usah heran, karena dulu kota Napoli ini memang pernah jadi koloni kerajaan Yunani kuno. Dan mereka menyebut kota jajahannya Neapolis. Setelah itu Napoli silih berganti jatuh ketangan banyak penguasa. Dari Romawi kuno, dinasti Norman, Hohenstaufen, Angevin, Aragon, sampai Spanyol. Josep Bonaparte, saudara kandung Napoleon, memasukan Napoli dalam kekaisaran Prancis pada awal abad XVIII, Setelah sempat jatuh ke tangan Dinasti Bourbon, Napoli akhirnya bergabung dengan Bologna, Parma, Modena, dan Tuscany membentuk ”Persatuan Selatan” pada 1860. Inilah cikal bakal ”Kekaisaran Italia” yang terbentuk 10 tahun kemudian.

Karena kekuasaan yang begitu cepat silih berganti itulah kultur Napoli pun terus bergerak. Tapi pada akhirnya, toh pengaruh Yunani juga yang paling banyak melekat. Sama seperti yang dialami kebanyakan kota di ujung Italia Selatan, seperti Maratea dan Reggio di Calabria atau Palermo serta Messina di pulau Sicilia.

Pengaruh Yunani itu sampai sekarang masih terasa. Terutama bila anda menelusuri kawasan yang disebut Spacca Napoli(kota lama) dengan berjalan kaki. Sebagian jalanannya yang sempit dan berbatu-batu itu adalah warisan kota tua peninggalan Yunani. Tata kota sebagian kawasanyya pun sangat berbau Yunani. Tapi bukan itu saja keunikan kota terbesar kedua setelah Roma di Italia Selatan ini.

Dalam urusan sepakbola, Napoli juga bisa dibilang sebuah unikum tersendiri dalam percaturan Seri A. Bayangkan, sebagai kota yang tingkat kesejahteraannya termasuk rendah untuk Italia, pemegang tiket terusannya selalu mencapai 70 ribu orang. Angka itu sekitar 97% dari kapasitas Stadion San Paolo yang megah. Persentase tersebut juga yang tertinggi dibanding klub-klub besar Italia lainnya. Bahkan mungkin yang tertinggi di seantero Eropa. Publik Napoli memang sangat fanatik terhadap tim kesayangannya.

Kata orang sejarah klub Napoli mengikuti ”hukum pembagian jam” menurut versi orang bule. Maksudnya, periodisasinya bisa dibagi dua: ”AM” (ante meridiem) dan ”PM” (post meridiem). Tapi dalam konteks sepakbola, dua bagian tersebut harus dibaca:”Ante Maradona” dan ”Post Maradona”. Maradona memang bagian penting, mungkin yang terpenting, dalam sejarah kota Napoli. Betapa tidak, berkat kehadiran bintang Argentina inilah Napoli ”masuk” dan diakui sebagian sejarah persepakbolaan Italia.

Pada pertengahan tahun 1984 Corlaino mendatangkan Maradona dari Barcelona, klub sebetulnya kekurangan dana hampir I juta US Dollar. Tapi Corlaino tak kurang akal. Ia minta semua pendukung fanatik Napoli ramai-ramai menyumbang agar klub bisa menalangi kekurangan itu. Diluar dugaan, sambutan penggemar ternyata sangat antusias. Ribuan warga kota pelabuhan itu antre diluar markas klub untuk menyumbangkan dana. Dan hanya dalam hitungan hari kekurangan dana itu bisa diatasi.

Maradona pun diboyong ke Napoli pada pertengahan 1984. Ia dibawa ke Stadion San Paolo dengan helikopter. Di stadion penonton berjubel menunggu kehadirannya. Padahal untuk itu, mereka masih harus membayar tiket masuk seribu Lira perorang. Fanatisme yang luar biasa.

Sukses Maradona tak bisa dilepaskan dari peran pelatih Ottavio Bianchi. Bintang Napoli lainnya pada masa itu adalah Careca, penyerang asal Brazil yang jadi tandem di lini depan bersama Maradona. Lini tengah dipimpin gelandang ulet Fernando De Napoli dan Alemao.

Ada cerita menarik, dari kejadian perempat final pada piala dunia 1990, saat Argentina mengalahkan Brazil. Setelah Caniggia mencetak gol, memanfaatkan umpan matang sang maestro Maradona. Para pemain Brazil menyemprot Alemao, karena tidak melakukan pelanggaran terhadap rekan setimnya di Napoli. Padahal, posisinya begitu dekat dengan Maradona, untuk melakukan tekel yang beresiko pelanggaran. Entahlah, apa karena karisma Maradona? Yang menjadi temannya di Napoli, membuat Alemao enggan melakukan tindakan yang kurang ”sportif” . Yang terkesan ekstrem adalah ketika partai semi final di piala dunia 1990, saat Argentina berhadapan dengan tuan rumah Italia. Yang kebetulan pertandingan itu digelar di Stadion San Paolo, kandang Napoli. Dua hari menjelang pertandingan, Maradona disambut seperti pahlawan.

Bisa jadi, mereka tetap menyambut hangat karena sangat yakin Italia bisa mengalahkan tamunya. Tapi ada juga yang menilai sambutan itu tulus. Maklum warga Napoli memang kurang simpati terhadap timnasnya yang didominasi pemain dari klub-klub utara. Yang hangat suasana serupa terlihat pada pertandingan penyisihan Euro 2008. Saat lawan Lithuania Italia yang menjadi tuan rumah menjadikan San Paolo sebagai tempat partai kandangnya. Dan sambutan yang antusias didominasi oleh Banner dan poster Fabio Cannavaro. Maklum Cannavaro sendiri adalah putra asli Napoli, bahkan dia pun pernah menjadi seorang ball boy di stadion itu.....

sumber

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda